Kamis, Februari 07, 2013

Sejenak Bersantai di Melaka - Malaysia (bagian 2)

Hari 2 : Melaka

Pagi2, jam 8 gw udah siap jalan. Penghuni kamar laen msh pada tepar wkwkwk...tp kayaknya jam segitu juga denyut nadi kehidupan di sekitar hostel blom nampak. Gw rental sepeda di hostel, bayar RM 5, katanya boleh pinjam all d day...ngga tau istilah all d day itu selama gw nginep di situ ato cuma hari itu, soalnya besoknya gw pinjem lagi ga disuruh bayar tuh. Oya, utk rental msn cuci n bike kita cuma nyemplungin duitnya ke kotak yg tersedia deket situ.



Mulailah gw puter2 di sekitar daerah situ. Pertama2 gw jalan ke arah Jl. Tokong melewati Mesjid Kampung Kling (tadinya ngga ngeh), muter ke Hang Jebat terus keluar ampe Melaka River, nyebrang lagi2 menuju ke Stadhuys, kalo kemarin gelap2an, hari ini jelas lebih terang. Poto2 di sekitar situ ampe puas, baru jalan lagi melawan arus ke jl. Laksamana. Naek speda mah pede aja muter2 nglawan arus wkwkwk...ampe sebelum bukit Cinta gw udah belok, muter2 ke jl. Gereja, jl. Chan Koon Cheng, nyebrang ke Jl. Merdeka lewatin Menara Taming Sari ampe Dataran Pahlawan


Pengin masuk ke Menara Taming Sari tapi gw blom punya info apa2, soalnya gw kan phobia ketinggian, liat dari bawah keknya tu menara ngga ada penutup, woooo ngeri booo...ternyata setelah gw brosing2 ada kacanya. Tapi gw msh mikir brani ga yah? hihihi...mo naek menara aja mikirnya segitunya yah? abis gw kan takuttttt...abis dari Dataran Pahlawan, gw muter lagi, poto2 tu kapal di Museum Samudera, ga masuk ke pasar lagi, bingung naruh sepeda.


Oya, ceritanya gw juga cari breakfast, tapi akhirnya ampe siang baru gw makan, jdnya brunch deh...:P ternyata di Malaka warung2 makan bukanya ga pagi2 amat...dari sono gw muter ke Jl. Kota masuk ke suatu tempat yg ternyata ada beberapa museum, termasuk reruntuhan Gereja St. Paul dan A Famosa. 


Puter2 di sana, poto2, termasuk poto narsis jugaaa....muter lagi ke Heeren Street, poto2 tembok yg ditulis2in, ketemu museum Cheng Hoo, museum Baba Nyonya, tapi ngga masuk hehehe...aplg tu museum2 setiap catper pasti ada ceritanya...jadinya udah cukuplah baca dari mereka :P


Udah siangan, udah banyak warung/resto/kedai buka, gw pun iseng nyobain brunch di resto Famosa, pengin nyoba rice ball ceritanya. Abis tiap baca catper ada crt rice ball, klo soal kuliner mah ngga bisa diwakilin di catper xixixixi...parkir sepeda, gw pun bingung baca menu. ternyata rice ball ya nasinya gitu, kita mesti pilih lauknya. Gw pilih Roasted Duck 1/4, bingung pas ditanya rice ballnya berapa, gw nanya biasanya berapa? ya rata2 5 per porsi, ya udah 5 deh...tadinya gw kirain rice ball itu udah menu ada rangkaian lauknya gitu, kek nasi lemak, ternyata rice ball sendiri, lauk sendiri...

Kenyang makan cuaca mulai gerimis, ga bikin basah sih, tp pasti bikin jaket gw lembab...meski akhirnya gw putusin muter2 lagi...eh tau2 perut gw kok ga enak yah? hhhmmm...ternyata seharian itu gw ngalamin stomach ache alias atit perut. Ga tau deh napa, apa tangan gw yg kotor ato emang perut lagi ga bersahabat hiksss...Akhirnya gw putusin balik ke penginapan...minum obat dan istirahat. Ngarep bangun2 ntar dah sembuh, ternyata gw ga bisa bener2 terlelap...

Udah jam 5-an, perut gw blom mereda...minum obat lagi, akhirnya imodium 2 gw telen deh...sekalian dahhh...Oya di setiap perjalanan gw selalu bawa obat sakit perut. Bukannya knp2, tp gw menyadari pencernaan gw kurang bagus, kena pedes dikit bereaksi, salah makan yg ga jelas bereaksi, tangan kotor jg bereaksi, jdnya gw perlu siap2...Sesudah mandi gw pun siap jalan lagi. Kali ini ngga naek sepeda lagi, jalan aja ah, kan ngga muter jauh2 lagi, yg jauh2 udah selesai tadi siang. Oya, gw ga sempatin ke Kampung Morten, selain jauh gw juga kurang tertarik. Kampung Morten itu kampung asli org Melaka yg skr jd kawasan wisata, dg bangunan atap limasnya. Kek di jawa, ciri khas bangunan asli pake atap limas.


Gw muter lagi di sekitar sungai Melaka, akhirnya gw putusin ikut river cruise sorean, tadinya sempat mikir mau maghrib-an, tp ngeliat kemarin malem n antrian sore itu bikin gw was2, jgn2 ntar antri berlerot2 kek kemarin. Dan ternyata keputusan gw tepat deh...krn waktu pulang gw liat tu antrian udah berlerot2...aplg pas malemnya, heran kek ga ada hari laen aja...antriannya panjaaaaaaaaannnggg banget. Di Jonker Street itu jg ada Kedai Kopi Chung Wah yg klo mo makan antriannya berlerot2 ckckckck...apa ga buang2 waktu yah? Males lagiiii....


Naik River Cruise byr RM 15 buat turis, klo WN Malaysia lebih murah, anak2 jg lebih murah (tarif ini udah naek, tadinya cuma RM 10). Sebenernya river cruise ini mengingatkan gw pas di Thailand pas naek Chao Phraya Boat. Sama2 airnya coklat dan di kanan kiri banyak bangunan. Di Semarang sptnya lagi pengin bikin wisata air, sepanjang bantaran kali Banjirkanal udah dibangun, dibersihin, sayangnya pemandangan sekitar kali Banjirkanal bukan yg layak jual hehehehe...yah mungkin suatu saat smuanya akan lebih baik...


Perjalanan pulang pergi sekitar 45 menit, dimulai dari dermaga, jalan melewati beberapa jembatan...termasuk kampung Morten...awalnya penumpang diputerin musik2 biasa sampe batas tertentu, pas perahu muter baru ada penjelasan tt bangunan/daerah di kanan kiri sungai dlm bahasa melayu. Jadi turis asing laen pasti ngga mudeng itu ngomong apa. Nurut gw sebenernya lebih baik pake bhs inggris, seengga2nya lebih banyak yg ngerti...


Selesai dari perahu, gw jalan ke Jonker Street lagi, cari2 kudapan n makan malam...nemu penjual durian puff 6pcs RM 8 n ice cream lucu RM 3, udah gw beli aja. Durian puffnya gw sukaaa...enak...kek sus merdeka gitu, tp aroma durian...trus gw ngantri di salah satu resto, pengin nyoba Wantan Mie. Tempat ini kemarin malam udah gw masukin, tp ternyata ruameee poolll, so gw ga jadi pesan, krn katanya suruh cari tmpt duduk dulu baru pesan. Kali ini nemu tmpt kosong. Kebiasaan di melaka abis pesanan jadi, langsung bayar, jd ngga kek di indo makan dulu baru bayar. Nah pas mie gw jadi, si penjual blg san kuai pan, gw ga mudeng wkwkwkwk...trus dia blg three half ringgit, baru gw ngeh...baru gw cerna oooo...ternyata tadinya dia blg san kuai pan tohhhh? yah maklum huanyi gw kan pas2an jadi banyak ga mudengnya deh...maaf ya jie :P

Mienya enak, tp kurang mantap krn ga ada saus, ga ada kecap. Abis di meja gw ga tersedia n gw males minta hihihi...ribet ngomongnya :) Abis maem jalan bentar eh perut gw kok ga enak lagiii...ya udah gw pulang ke penginapan, masih sorean sih, blom jam 9 gw udah nongkrong lagi di hostel, eh hostel sepi juga. Gw lagi2 menyendiri di kamar, pas jam berapaan gitu org2 pada datang, maklum malam itu hujan makin deras, tp gw ga ikut kumpul2 mrk, salah 1 alasannya gw ga pede ngomong ngenggres hahahaha...n gw siap2 tidur aja sambil brosing2 buka2 fb/twitter/cari info menara Taming Sari juga, sambil apdet status ngucapin met Natal utk temen2 gw. Yg parah, gw ga bisa balesin sms temen2 maklum 1 sms tarifnya 5rb boooo...bisa bangkrut gw :P Ntar lah bales di indo ajahhh....



Tidak ada komentar: