Selasa, Februari 05, 2013

Sejenak Bersantai di Melaka - Malaysia (bagian 1)

Hmmm...tulisan Penang blom selesai, gw udah posting yg laen neh xixixixii...maklumlah, gw mengalami tragedi dg harddisk lama gw yg bermasalah n ga bisa dibuka, jd terima nasib ga bisa lanjutin posting yg msh panjangg...so terpaksa gw bikin postingan baru hasil jalan2 gw akhir taun lalu, lumayan melepas pikiran *halah lebay*

Liburan Natal kemarin, akhirnya gw berangkat juga ke MALAKA ato MELAKA ato MALACCA, salah satu destinasi yg sebenernya udah mo gw jelajahi sewaktu gw pergi ke Penang awal taun maren. Tapi  ternyata menurut saran beberapa teman rasanya buang2 waktu klo berangkat pagi dari KL n pulang malam, makanya gw batalin. Sebenernya kesalahan gw jg waktu buking tiket gw tuh blom cari info mengenai jarak Penang Malaka, gw kirain terjangkau dieksplore dlm waktu beberapa jam, n pas gw liat peta, gubrax, ternyata utara dan selatan malaysia booo...akhirnya pas dulu pergi sisa waktu seharian cuma gw buat puter2 city tour KL naek bis hop on hop off..dan akhirnya di penghujung taun 2012 gw menjejakkan kaki juga di kota di selatan Malaysia ini..dan inilah catatan perjalanan gw kali ini...

Buking tiket udah gw lakuin di bln pebruari 2012, awalnya iseng pas buka2 promo airasia buat bln Desember, gw liat tgl libur Natal gw kok lumayan bagus, krn jatah cuti yg gw dapet kebetulan jatuh harpitnas, alias hari senin. Mulailah gw iseng2 brosing, siapa tau dpt murah. Ehhh...entah kesalahan sistem ato bagaimana, pdhl harga waktu itu yg ditawarkan seratus ato duaratus ribuan (lupa) utk harga dasar, kok gw liat harga di web jauh dari itu...gw nyaris ga percaya dg penglihatan gw, abis dari hp, gw buka kompi, ternyata beneran. Gw klik PP, kok harganya emang itu. Bukan salah gw dong klo gw buru2 buking hihihi...meskipun gw ga cocok ama jamnya, tapi gw tetep nekad, ntar lah klo udah deket hari, gw cari2 info gimana caranya jalan dari hostel ke terminal ditengah malam. Jadilah hari itu gw buking Semarang-KL PP 250.000 doang !! Bukan harga yg superdupermurah emang, tp wkt gw buking itu harga yg superdupermurah heheheh....gw brangkat 23 des pulang 25 des 2012. Kunjungan yg singkat yah? Yaiyalah, spt biasa, gw yg ga bisa libur lama2, begitulah resikonya :P

Oya, spt waktu ke Penang, kali ini gw pun jd solo traveller, pertimbangan gw cuma satu, krn Natal, tentunya gw syusah dpt temen jalan. Gpp deh, gw pikir Malaysia msh terjangkaulah gw jelajahin sendirian, klo bahasa inggris belepotan pun msh bisa pake bhs melayu hehehe...meskipun di sana ternyata bhs mandarin lg2 jadi bahasa utama n gw ga bisa huhuhuhuhuuu...so andalan gw ya antara enggris2an n indo duonnnkkk...

Ntar setelah pulang, gw memutuskan rasanya gw ga cocok jadi solo traveller, gw bukan org yg gampang beradaptasi dg org2 yg baru gw kenal, aplg org asing yg bahasanya gw ga pede ngomongnya hehehe...tp gpp, klo emang terpaksa, keadaan bagaimana pun pasti kita bisa survive kok...

Hari 1 : Semarang - LCCT (KL) - Melaka

Beberapa hari menjelang keberangkatan, gw dpt kabar baik, flight gw direschedule dg jadwal yg jauh lebih baik buat gw hihihi...dan gw yakin dlm segala keadaan Tuhan turut bekerja utk mendatangkan kebaikan buat gw. Dari keberangkatan jam 12.00 nyampe jam 15.00, menjadi jam 09.00 nyampe jam 12.20. Jadinya nyampe sana masih siang. Not bad kan? Trus pulangnya jg mengalami reschedule dari tg 25 des jam 10.00, menjadi tg 26 des jam 07.20, alasannya? krn AA skr menerbangi SRG-KL PP hanya 4x dalam seminggu, yaitu Minggu, Senin, Rabu n Jumat. Pdhl awalnya gw merasa sayang pas ngeliat jam reschedule, andai gw bisa mundur jd tg 26 kan gw ga rugi waktu yaaahhh...kan tg 25 msh libur, klo tg 26 pas tuh, nyampe langsung kerja, tp gpp dah, klo pulang 25 des gw masih bisa ke gereja sore, krn gw ga yakin di Malaka gw nemu gereja, meskipun ada gereja di sekitar Stadhuys tp ga yakin klo mrk ada kebaktian dan ternyata Natal ini gw emang ga sempat ke gereja hiks...sempat nemu sih gereja yg ada kebaktian tp gereja Tamil India huahuaaa...gw kan ga mudeng bahasanya n pas nemu gw udah telat hikss...gpp deh, yg penting hati gw utk Tuhan dan kehadiranNya di bumi ini...dan keajaiban yg gw alami ngga cuma soal tg n jam brangkat dan pulang. Nanti ada keajaiban yg lain, yg membuat gw merasa amazing dg segala kebaikan Tuhan, shg segala sesuatunya Dia permudah dg amat sangat :)

Berangkat jam 06.30, nyampe bandara ternyata masih kepagian, krn jalanan lancar. Tadinya mo brangkat jam 7-an, tp takut mepet. Ya lebih baik menunggu drpd terburu2, alasan ngasal :P Itu aja taxi yg gw pesen udah dibatalin, untungnya msh nemu taxi di dpn rumah. Ternyata banyak juga yg pada mau ke KL, malah ada 1 rombongan 12 org. Selain rombongan ini ada sepasang bapak-anak yg casciscus speaking english, tdnya gw pikir mrk turis, eh pas ketemu ma rombongan besar itu trnyt mrk saling kenal n si bapak ngomong ngoko wkwkwk...ternyata wong semarang :P tp ama anaknya mrk konsisten speaking english lho...hebat tuh anak, gw rasa umur ga lebih dari 10taon tp udah casciscus englishnya...hhhmmm...gw aja kalah tuh pasti :)

Jam 9 kurang dikit pesawat AA yg dari KL mendarat. Ga pake lama –apa pesawat ngga dibersih2in yah- penumpang jurusan SRG-KL udah disuruh naek pesawat. Aduh ternyata gw lupa bawa "kuping" buat dengerin musik di pesawat, jdnya gw bengong2 n tidur2an aja slm perjalanan yg menempuh waktu 2 jam-an. Tepat jam 12.00 pesawat udah mendarat, 20 menit lebih awal dari schedule. Oya, pas di pswt ada pemandangan bagus, salah 1 pramugaranya cakep xixixxi...maksudnya sesuai selera gw, klo yg laen sih tetep cakep2 kok, tp kan bukan selera gw #abaikan #tpgwgabranifoto-malumodeon #ingetumur

Setelah antri imigrasi, jam 12.30-an gw udah beredar2 di bandara. Gw langsung bli lunch dulu di Taste of Asia, gw demen makan di sini, hrgnya msh reasonable dan rasanya gw cocok. Lunch gw bungkus aja, soalnya takut ga keburu ngejar bis Transnasional ke Malaka yg skedulnya jam 14.00.

Stelah itu gw cari2 di mana counter bis. Udah baca2 di blog2 katanya belok kiri setelah terminal kedatangan domestik. Gw ingetnya dulu waktu pertama kali cari bis ke KL Sentral pernah ke counter bis di deket LCCT, setelah jalan sepanjang lorong ampe ujung eh ternyata ga nemu, malah nemunya parkiran. Kok counternya ga ada, bisnya ga ada juga. Lupa gw, kayaknya dulu ada berderet2 dah. Gw mulai tanya2 ke tukang bersih2 katanya di tengah2. Deket halte bis YoYo gw tanya lagi ke driver bis katanya di belakang bis YoYo itu. Ya udah gw nunggu, gw sempat tanya ke counter Star Shuttle, bener tempatnya di situ n bisnya lom dateng. Gw duduk2 aja di situ, mana wifi LCCT ga nyaut lagi hikss...drpd cengo gw mulai makan lunch gw. Jam 13.30-an bis datang. Yah krn gw ngerasa msh lama, gw tetep duduk2...pas drivernya nongol gw nanya bli tiketnya di mana? Kirain bisa beli di atas bis. Alamaaaaaaakkk ternyata harus beli di dalam. Paniklah gw, diblg di sebelah terminal domestik.

Gw terburu2 masuk lagi, nanya orang katanya dkt KFC, tanya petugas deket situ, ternyata gw harusnya masuk ke counter di belakang, tp sebelumnya gw disuruh nunjukkin boarding pass dulu. Ya udah, terburu2 gw cari counter bis Transnasional. Bayar RM 22.1 tiket jam 14.00 pun udah ditangan. Tergesa2 gw menuju ke bis yg udah siap brangkat. Ternyata bis ada no kursinya, tp gw ga nemu no seat gw, tadinya ngasal duduk di bangku blakang, eh pas tengok2 keliatanlah no seat yg seharusnya gw duduk. Tp gw ga brani lanjutin makan, abisnya aroma nasi lemak gw menguar hihihi...takut klo dilarang makan di bis, meskipun ga kliatan tulisannya. Demi amannya aja sih, ntar gw terusin di penginapan ajah...

Perjalanan 2 jam ternyata cukup membosankan, krn cuma lewatin banyak perkebunan kelapa sawit dan tol2 yg gersang. Gw pun tertidur2 ayam deh, maksudnya bentar tidur bentar bangun. Akhirnya setelah 2 jam, bis pun nyampe di terminal Melaka Sentral. Gw masih penasaran, klo naek pesawat bisa ngga ya brenti di daerah bandara? Karena bandara Melaka searah ama Terminal Melaka Sentral.

Dari Melaka Sentral, sebenernya kita bisa naek bis umum yg tarifnya cuma RM 1 n turun di Stadhuys ato Mahkota Medikal, tapi berhubung gw ga tau jauhnya lokasi hostel ama Stadhuys (meskipun di petunjuknya ada sih, tp ga yakin mesti ke kanan-kirinya, maklum gw ga bli simcard lokal) jadinya gw putusin naek taxi...eh digetok ma taxinya RM 25, udah gw tawar katanya udah pas. Ya udah deh, drpd ga nyampe2 gw pasrah aja. Drivernya org India, setelah muter sana sini ternyata ngga jauh lhoh, tp teteup aja gw ga ngerti lokasi. Ntar sih tau jugaaa hehehe...

Oya, kesan pertama Malaka keknya gersang dan gerah, tp setelah tinggal di sana 2 malam ternyata ok juga. Tp utk turis n spot2 penting yg perlu dikunjungi 2 hari aja udah cukup buat gw, klo ke sana lagi mesti explore tempat2 yg baru n kulineran aja...cuma apa mungkin yah gw ke sana lagi? xixixixi...secara msh banyak tempat laen yg pengin gw kunjungin hihiiii....

Ngga pake lama, gw nyampe di hostel Jalan-Jalan di Jl. Tukang Emas yg udah gw buking by hostelworld. Pas nyampe sana, gubrax!! gw pengin ngakak guling2 lol...abisnya serasa gw mundur bertaun2 ke belakang pas gw KKN dulu wkwkwk, tempatnya tll sederhana utk sebuah penginapan...jauh benar ma hostel yg pernah gw inepin di bukit bintang KL. Yg di KL mah bangunannya modern, peralatan modern, tempat tdr jg enak. Yg ini bener2 suasana pedesaan hahahaha...udah gitu isinya 100% bule wkwkwk...heran itu bule2 kok mau ya tinggal di tempat suasana original gitu? hahaha...gw asli lupa poto2 tu hostel, abisnya ga terkesan sih, pdhl ratingnya di hostelworld tinggi lho. Tp rating yg ditulis mang sesuai sih, tempatnya bersih, KMnya bersih, kamarnya bersih n deket banget ma pusat keramaian n stadhuys. Klo hanya sekedar numpang tidur tnp tuntutan macam2 worthed kok, harganya jg murah. Di mixed dorm 2 malam gw cuma habis RM 34, tp ga dpt breakfast, cuma kopi/teh doang. Bisa sewa mesin cuci RM 8, sewa bike RM 5. Trus yg asyik ada sumur timba hahahaha...Oya pemiliknya namanya Alan (meski di imel nulisnya Uncle Sam), asalnya dari London-England.

Kelar naruh koper n dikasih info macam2 ma si Alan, gw pun istirahat sejenak. Cape n ngantuk menempuh perjalanan dari pagi.

Jam 18.00-an gw udah siap jalan2 keluar, tadinya pengin langsung naek river cruise, krn katanya lbh ok naek cruise pas udah menjelang maghrib, tp akhirnya gw malah keasyikan poto2 di sekitar Stadhuys hihihi...keknya bangunan di situ emang dibuat warna merah deh spy pny ciri khas, makanya dinamain Red Square. Abis poto2 gw nyebrang jalan, sampe di Museum Samudra yg ada replika kapalnya gede banget, depannya pasar buat beli2 oleh2, ada gantungan kunci, tempelan kulkas, baju2, tas, makanan2 dsb. Tp gw ga bli skrg, rencananya besok aja klo dah mo pulang, eh kebanyakan mikir malah kelupaan gara2 udah ribet check out xixixixii...

Sebelum nyebrang ke Melaka River gw sempat nimbrung di keramaian di Jonker Street, baru kali itu tau namanya Jonker Street hehehe...ternyata bener, klo wiken di kawasan Jonker Street ada pasar malam tiban.

Aneka macam jualan, makanan, pernak pernik, baju, tas, gantungan kunci, gelang dsb, gw ga tau klo besoknya ga ada pasar malam lagi, malah ga beli apa2 hehehe...bingung lagi mo beli apaaa...cuma beli es krim lucu RM 3. Trus gw menyusuri di sekitaran Dutch Square n Red Square doang...ampe jam 22.30 baru gw balik ke penginapan, eh orang2 sepi entah pada ke mana...dan gw pun langsung tepar ngga denger orang2 laen pada masuk tidur...