Selasa, Desember 28, 2010

Libur Lebaran Hari 3 - Solo

Hari ini kita mulai jalan jam 9-an sesudah breakfast nasgor n telur yg sederhana banget. Tujuan pertama mo nyobain kreta Pramex yg berangkat dari Stasiun Tugu. Ke sana kita naek becak. Sebenernya ke Solo bisa dari stasiun Lempuyangan ato naek bis ke Solo, tapi setelah nanya2 org hotel akhirnya diputuskan naek kreta dari Stasiun Tugu yg katanya lebih dekat. Perjalanan ke Solo sekitar 1 jam. Beli tiket seharga Rp. 9000,-- utk keberangkatan jam 9.35.

Sambil nunggu waktu krn msh jam 8.30 kita cari info mo ke mana yg deket2 stasiun, disarankan ke Malioboro sblh timur yg emang ternyata deket bgt. Pilih sana pilih sini akhirnya kita justru bli kaos logo yogya hehe...turis bgt yaks...pilih2 itu aja udah menghabiskan waktu. tau2 dah jam 9 lebih, kita buru2 balik stasiun, ternyata kreta telat 15menit. begitu kreta dtg, alamaaaaakkkk...puadeettt poollll...ampun deh, ngga dpt tempat duduk. alhasil sepanjang jalan kita berdiri dlm kreta hikhik...uda lama jg ga naek kreta, jdnya pengalaman baru jg seh hehehe...

Nyampe stasiun Solo Balapan kita lgsg nawar becak utk lunch di Timlo Sastro. Ternyata pak becaknya lgsg tau tempatnya yg sekitar Pasar Gede. tempatnya sih sederhana, mirip tempat warung encek2 di daerah gg.lombok klo di Semarang, tapi ramenyaaaaaaa minta ampun deh. orang lom selesai makan udah ditungguin, termasuk kita hihihi...lha klo ga gitu bisa2 dipake org lain. ini aja sempat beradu omongan ama seorang encik yg nyuruh bokapnya duduk di tempat yg diduduki sodara g. lha kok enak? kita udah nungguin dari tadi ampe akhirnya pesen minum segala. klo emang papanya suru duduk ya si encik aja yg berdiri...Untungnya meja di belakang si encik itu udah selesai jd bokapnya bisa duduk di situ. org emang kdg egois, mo menang sendiri hikhik...nah pas pesen ternyata rempelo n sosisnya abis cuma tinggal telur pindang doang. so kita2 disuruh nunggu.

Tunggu pny tunggu ternyata yg dateng cm sosisnya doang, rempelonya ga ada. ya udah deh, udah terlanjur. Mungkin klo adanya cm telur doang kita bakal pindah. baru sebentaran makan, ternyata sosispun habis. uh untung msh dapet hehehe....oya tarifnya krn lebaran, timlo komplit=sosis+telur ato rempelo+telur 10rb+nasi putih 3ribu. klo ga lebaran harga lebih murah dikit, berhubung ditutupi kertas kita gatau harga aslinya, mungkin 9000 kale. soalnya yg nasi timlo jadi 7500 pdhl aslinya 6500.

Warung Timlo Sastro ini didirikan th 1952, makanya udah terkenal bgt...sayangnya g selalu missed moment gara2 selalu sibuk nyari kamera yg g cemplungin di tas, jd dptnya foto geber plus kepala2 pengunjung hehe...lha ternyata dari depan bisa difoto tp g pas ga siap ma kamera hiks...Oya g ga bisa deskripsikan enak ga-nya timlo, soalnya g suka yg berkuah2 jd g blg seger banget heheeh...

Kenyang makan, temen g inget rekomen dawet dlm Pasar Gede, jadilah kita mencari ke sana, plus cari oleh2 goreng2an kae usus goreng, ceker goreng, intip manis, krupuk rambak dsb. Baru masuk, ternyata warungnya lgsg nampak di depan mata: Dawet Selasih Yu Warti. Isinya selain dawet dan selasih, ada tepung semacam gempol tp lebih lunak, kuah kinca+nangka yg disiram dg santan. G sih demen aja...lumayan buat adem2an hehehe...berhub msh kenyang jdnya tambah kenyang banget. Harganya cukup Rp. 5000,--. Dari sana kita mulai borong2 goreng2an yg udah g tulis tadi, oleh2 buat si anu n si ini :P

Dari sana, kita menuju ke Kampung Batik Laweyan. krn missed moment pula g ga foto gerbang Kampung Batik ini. Masuk kampung ini g teringat dg kmpg batik di Cirebon yg baru2 ini g kunjungin jg. Di sini sebag adl produsen batik, jd klo beruntung bisa ngeliat org2 yg ngebatik n kita termasuk yg ga beruntung heheh...abis udah kecapaian jd ga smua rumah kita dtgin. Oya kampung batik ini rata2 bentuknya rumah2 yg disulap jd toko. Harganya jg beraneka macam, ada yg batik tulis dan cenderung mahal, ada yg batik cap cukup murah.

Temen n sodara g ada borong beberapa, krn g sering nitip temen yg ke yogya n barusan dari cirebon makanya g beli sekadarnya aja. Blom semua tempat kita dtgin kita udah kecapean n mendung tebal menggayut di langit (meski akhirnya ga jadi ujan). Keluar dari sana sodara g blg mo ke stasiun balapan, pulang. lhah? g kaget dunk, lha yg pny rencana ke solo kan bukan g, pdhl daftar yg mo didatengi masih ada selat solo, bebek, nasi liwet, bakso, serabi n entah apa lagi, lha kok? G blg terserah, tp aslinya g ga ikhlas klo jam segitu udah mo pulang, meski kaki g aslinya dah cape bgt, udah berlelah2 di kreta, buang2 duit masak separo jalan udah mo pulang?

So akhirnya udah kita ke alun2 aja, pas nanya org, tau2 angkot yg disarani lewat, jadilah kita lari2 ngejar angkot hahaha...g asli kesel banget lho. lha klo dia kecapean harusnya udah ukur diri dunk, jgn seenaknya mutusin ini itu ngga nanya2 dan menyuruh org memutuskan seolah2 lempar tgg jwb. Beneran saat itu g sebel banget. situasinya jd ga enak bgt. akhirnya sepanjang jalan g diem aja. dan dia tau pasti klo g marah. Terserah aja, makanya klo punya rencana konsekwen dunk. sampe waktu situasi udah cair temen dia komen lha listnya aja panjang bgt, masak yg didatengi cm 2 ajah? oya abis dari alun2, kita jalan lagi sampe masuk keraton Solo. sempat ragu2, g blg terserah mau masuk museum ga.

G tunggu aja, ternyata beli tiket jg, jdnya kita masuk. Tp krn g msh marah, makanya g jalan...jalan aja, ngga poto2 ngga berhenti...n g jg ga ngerti apa yg g liat wkwkwk...mana keratonnya sederhana banget. Krn g udah pernah ke grand palace, kok g jd ngerasa kraton2 di indo amat sangat ngga terawat, pdhl pengunjungnya buanyaaaak banget. Amat sangat disayangkan. Keluar dari sana, kita naek becak ke Stasiun Balapan. dpt tiket jam 6 krn tiket yg sore dah abis. Luntang lantung di stasiun temen g oceh2, g diemin aja, malah sms temen g yg sodaraan ma dia, biasaaa curhat gitu deh...!!

Nunggu kreta dtg kita memutuskan minum2 dulu drpd boring di stasiun. Eh malah akhirnya malah makan sate kambing deket stasiun situ. Jam 5.30 kita masuk ke stasiun. Sebentaran ada announcement klo kereta delay jd jam 6.20. Pas ada pengumuman kreta akan masuk stasiun penumpang diminta tunggu di jalur 3 eh temen g mlh blg klo yg mo masuk kreta ke surabaya. katanya dia nanya ma petugas krn td sibuk ngobrol. g blg ya udah kita liat aja, trus akhirnya dia nanya ke petugas yg berdiri situ, ternyata bener kereta pramex yg ke yogya yg datang, so GUE BENER!! kali ini penumpang ga terlalu crowded spt wkt kita brgkt, meski tetep berdiri sih, mungkin krn udah malem. G ledekin temen g, klo kita ke surabaya ya baguslah...temen g blg klo kreta beginian ga mungkin ke surabaya lah, bisa mati berdiri wkwkwkwk...makanyalah ga usah sibuk ngobrol mulu...

Perjalanan ke Yogya diselingi dg berhentinya kereta beberapa saat krn hrs tunggu jalur yg akan dilwtin kreta Gaya Baru tujuan Surabaya (yg diblg temen g tadi). Nyampe Yogya sekitar jam 20.30, kita pesen taxi ke hotel. Kena macet di malioboro, akhirnya diputuskan temen g berdua akan bungkusin nasi gudeg bu Atmo yg ada di sekitar jl. brigjen katamso depannya WM chinese food yg kita makan malam sebelumnya. Ternyata gudegnya mang enaaaaakkkk, ga terlalu manis, tapi agak mahalan. 1 dus 27.000,-- tp makannya kenyaaaaanng banget. Yaiyalah, isinya dada ayam, tahu, gudeg, krecek dan nasi...hhhmmm...sedaaaappp...abis makan, mandi dan akhirnya tidur dg perut kekenyangan!!
(Btw foto nasi gudegnya g masukin dlm postingan Yogya, berhubung pic yg Solo ini udah penuh...)