Minggu, Desember 26, 2010

Libur Lebaran Hari 2 : Sunrise Borobudur - Ketep Pass - Ullen Sentalu - Yogyakarta

Pagi2 jam 4 kita udah harus bangun, krn takut ngga dpt spot yg bagus. Beli tiket di Manohara Hotel (si Manohara ini -yg ga ada hubungannya ma Manohara yg skr jd artis- pny previllege utk jual tiket sunrise, shg para turis yg mo liat sunrise mau ngga mau harus beli di sini). 1 tiketnya cukup mahal yi 220rb, tp emang pemandangan yg didapet cukup memuaskan, kereeeeeennnn banget. Tapi krn g ga aware, ternyata batt kamera g lowbatt hikhik...terpaksa g nebenk poto2 pake kamera temen g, selain  kamera hp g yg hasilnya ga maximal jg temen g udah persiapan bawa tripod segala hahahaha...

Emang hasilnya canteeeekk banget dan lagi2 mata ngga bohong. Kabut di sekitar bukit Tidar ga terekam dg baik oleh kamera pocket kami. Padahal gradasi warnanya cantik banget, semburat jingga dipadu dg kabut putih dan bukit dikejauhan menceritakan keindahan alam yg luar biasa...Sebelumnya dari hotel Manohara kami menyusuri jalan setapak yg menuju ke gerbang Candi Borobudur.

Menuju ke puncak Candi jadi masalah besar buat g, krn sehari sebelumnya waktu ke pantai Wediombo kami harus manjat jalan setapak yg cukup tinggi. Jadinya buat g yg belum bebas dari capenya kaki, naik ke puncak Candi bikin gue ngos2an berat n nyaris menyerah hikhik...meskipun akhirnya sampai jugaaaa....Thx God! Dan di subuh itu terdengar oleh kami celoteh beberapa bahasa hehehe...krn sebagian besar yg liat sunrise malah turis2 asing, ada dari taiwan, dg 2 org bikhsuni, ada dari malaysia, bule2 eropa dg bhs inggris (ngga nanya mrk dari mana), ada jg dari jepang. masing2 dg penterjemah (yg pk penterjemah n guide), dan masing2 org take pics dari berbagai spot yg menurut mrk cantik. ada bbrp yg pake SLR jg. Wah pokoknya rekomen banget, tp ada unsur gamblingnya jg, klo mendung ya ga dapet sunrisenya deehhh....untungnya kata pegawai hotel kemarin hujan jdnya pagi itu kemungkinan sunrise bakal keliatan. siiippp deh!!

Setelah liat sunrise, kami boleh menikmati breakfast berupa kopi/teh dan snack pisgor tabur keju n chocolate muffin. Lumayan buat ganjel perut sebelum kita bener2 breakfast (ato mlh brunch? hehehe). Stelah selesai kita langsung menuju hotel utk mandi dan beberes check out.

Dari sana kita langsung menuju Ketep Pass di daerah Boyolali. Sebenernya Ketep merupakan kawasan wisata baru, di sana kita bisa liat puncak Merapi klo ga tertutup kabut, tp beberapa kali ke sana Merapi teteup malu2 nongolin puncaknya ke g, termasuk hari kemarin. Ya udah, kita cm menikmati hawanya yg sejuk dan pelancong yg blom begitu banyak. Selain duduk2 dan berfoto, kita jg bs nonton film tt volcano Merapi. Tiketnya cm 5000 selama 20 menit. Krn setiap penayangan harus minimal 10 org makanya kita daftarin diri dulu, ntar bakal dipanggil klo udah memenuhi quota. Filmnya worthed kok, tt para pendaki Merapi dan kegiatan pencatatan aktivitas Merapi, termasuk waktu Merapi meletus dg Wedhus Gembel-nya yg berupa awan panas itu.

Ga perlu berlama2, setelah makan mendoan panas, kita lgsg cabut aja ke Kaliurang menuju ke Museum Ullen Sentalu. Ternyata ni museum ga terlalu gampang nyarinya, krn nanya ke orang2 rada2 ngga ngerti. baru waktu nyampe ke tiket masuk kaliurang kita dikasih petunjuk jalannya (tp ternyata harusnya lurus aja dari yg jual tiket trus belok ke kiri stelah lapangan parkir bakalan nyampe), kita ikutin petunjuk petugas tiket. Tanpa petunjuk jelas Ullen Sentalu kita meraba2 istilah Museum Kebudayaan Jawa.

Nekad masuk ke sono setelah nanya2 orang jg, akhirnya kita tiba di jalan yg benar sewaktu terlihat tulisan Ullen Sentalu hehehe...dan teryata emang bukanya cm hari Selasa - Minggu. Dan krn kita uda nanya, pas hari 1 lebaran mrk libur, makanya kita dtg hari ke-2 itu. Harga tiketnya cukup moahal booo utk sebuah museum. rasanya pernah ada yg sharing klo tiket Ullen Sentalu paling mahal di antara museum2 yg ada di indonesia, yi Rp 25.000,--. Tp ternyata worthed jg kok, mrk dikemas dg suasana tradisional yg nurut g cukup mistis tp modern. Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Falsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong) yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita.

Museum ini sempat ditutup waktu erupsi Merapi, entah skr sudah dibuka lagi ato blom.

Ketika di dalam museum, ada guide di tiap rombongan dan AC di tiap ruangan, termasuk di pajangan batik2 kuno mrk. Krn waktu nyampe sana hujan turun dg deras, jdnya kita harus berpayung2 ria utk menuju tiap ruangan. Wisata keseluruhan memakan waktu 45menit (klo ga bnyk yg nanya2, klo ada yg nanya mungkin nyampe 60menit). Mulai dari ruang pertama diterangin tt silsilah raja2 dan putri2 keraton Solo dan Yogya, yg dimulai terbentuknya dari jaman kerajaan Mataram. Krn pernjanjian2 dg belanda akibatnya skr Solo dan Yogya terbagi menjadi 4 kerajaan.

Ullen Sentalu dibangun th 1999 oleh seorang pengusaha (namanya lupa, maklum ga direkam hehe). Dari sana kita menuju ruang ke-2 tempat peninggalan batik2 kuno dg berbagai kegunaannya. Ada 1 baju bersulam emas beneran entah dari taun brp g lupa...pokok udah jadul banget deh...seinget g sih abad 9, bener ga yah? ada jg arca dewa ganesha (dewa ilmu pengetahuan) dari abad 9 (klo ini bener deh), trus jg ada ruangan khusus Gusti Nurul, putri yg sangat cantik di masanya, yg sekarang tinggal di bandung dan berusia 89taun. Gusti Nurul ini adl putri keraton yg anti poligami dan belio sendiri yg meresmikan ruangan yg dipersembahkan utknya itu. Makanya sampe umur 30taun belio baru merit setelah dia yakin calon suaminya tidak  akan pernah berpoligami. Gusti Nurul ini salah satu putri pendobrak sejarah. surat2 cintanya waktu patah hati  (karena org dicintainya tidak direstui keraton) dipajang di sana, dimana dia dihibur oleh saudara2nya. Sebagian tertulis dlm bahasa belanda (yg ada terjemahannya).

Selain Gusti Nurul ada jg Permaisuri Ageng yg sangat ambisius utk menguasai keraton dan putri2 pendobrak sejarah lain, spt mrk yg bersekolah di Belanda, memakai celana panjang, sepatu dan berkuda dg kain, dlsb. Klo pengin mengenal sejarah jawa terutama perpaduan kerajaan Yogya dan Solo, museum ini patut dikunjungi. Stelah akhir perjalanan kita disuguhi minuman yg katanya bisa membuat awet muda hahaha...Oya selama di dalam museum kita dilarang keras memfoto brg2 yg ada di sana.

Dari museum kita ngga mampir ke Kaliurang krn hujan belum reda, ngapain coba nongkrong cm utk berteduh? klo bawa anak2 sih boleh2 aja tp klo udah dewasa males ah...ngga ada yg di liat. Langsung kita putusin balik ke Yogyakarta, tp sambil jalan sambil cari makan dunk, secara dari pagi kita blom bener2 makan. Setelah bingung tengok kanan kiri bnyk yg tutup, kita berhenti di salah satu resto bakso yg namanya Mr. Blangkon. Tmptnya cukup rame, ternyata resto ini baru aja soft opening, makanya pelayannya masih bingung2 gitu, termasuk kasirnya. Pelayanan yg agak lama menyebabkan beberapa tamu ga sabar dan marah2. Akhirnya kita sepakat pesen bakso aja yg nurut kita gampang hehehe...ternyata cukup lama jg...tp buat yg pengin nyobain tempatnya recommended kok meski pelayanannya agak lama. bisa buat poto2an dulu heheh...

Sehabis brunch (entah brunch entah lunch dehhh...) kita lgsg menuju Hotel Winotosastro Garden di jl. Parangtritis. Hotel ini ada beberapa tempat, selain sebagai hotel, Winotosastro jg terkenal sbg hotel batik krn mrk punya showroom batik. Namanya batik Winotosastro jg. Stelah proses check in kita lgsg menuju kamar. Tempatnya bersih, recommended banget buat yg cari hotel murmer tapi bersih. Ada swimming poolnya jg, tp fasilitas kamar spt sabun, toothpaste, toothbrush, shampoo ga ada, tp minum, tissue n handuk tersedia. Sayangnya g kok lupa potoin tu kmr yah hikhik...bahkan resepsionisnya jg ga...yg susah ni klo mo masukin org ga sesuai daftar agak susah hehe...abis resepsionisnya apal banget ma tamu2nya, bahkan waktu temen g nanya tempat breakfast dia lgsg tau klo htl kita yg dibelakang, jd tempat breakfast jg di belakang hihihi...Abis mandi baru kita turun lagi utk cari makan malam.

Krn udah ngga pny transportasi jd kita naek becak, mo cari WM chinese food yg direkomen di salah satu blog. Berhujan2 si bpk becak, ehhhh ternyata tutup booo...bukanya tg 14...ya udah kita asal pindah aja ke salah satu WM chinese food di jl. brigjen katamso yg tadi kita lewati. Menunya kita pilih bakmi kakap goreng (ini bakmi goreng yg gede2, kaenya khasnya mrk, isinya spt bakmi goreng chinese biasanya) ma Kamar bola (semacam capjay tp kuahnya asam manis). Namanya WM. Semaki. Rasanya enak banget, klo g sih cocok2 aja...abis kenyang makan kita menuju ke Malioboro ceritanya, tp ama si pak becak kita diputer2in ke daerah kaos dagadu n pia...lha wong kaga minta kok malah diputer2in ke sana, krn katanya klo kita beli di sana dia akan dpt komisi. duh jd keinget waktu di bangkok..si tkg tuktuk selalu maksa kita mampir ke tempat2 yg sekiranya dia bakal dpt komisi. sebenernya kita agak kasian ma tu pak becak, tp siapa yg minta? trus kita dibawa ke Malioboro, pas kita turun pas saat itu ujan deres banget turun dg bebasnya. Terpaksa kita berteduh di emperan Malioboro tnp dpt ke mana2 krn tenda2 yg jualan pada bocor di mana2 jd kerasa ngga nyaman.

Setelah ngga ada yg bisa diliat, kita putusin pulang ke hotel aja deh...besok2 klo sempat kita bakal balik ke sana...Nyampe hotel udah jam 10-an. Sesudah seharian puter2 kota hari itu kita tidur dg nyaman...Rasanya baru sebentaran g tidur, tau2 jam 23.30 ada goyangan kecil krn gempa. G ga tau saat itu udah beneran tidur ato masih setengah tidur, krn tiba2 g denger org teriak2 gempa, lgsg aja g lompat dari tempat tidur dan keluar kamar, sodara g jg udah terbangun n keluar kamar jg. Krn cm sesaat, akhirnya kita lanjutin tidur lagi hehee...lucu jg lho klo kita refleks, udah ngga mikir apa2 tau2 lompat aja hehe...ternyata wkt g cek di twitter pusat gempa 5 SR tsb ada di tenggara Bantul dg kedalaman 10km, pantesan kerasa banget. sebab klo kedalaman lebih dari 200km spt di daerah Maluku dan Irian ngga terasa sampe di darat.