Minggu, Mei 26, 2013

Bagian 1 : Semarang - Jakarta - Penang

Akhirnya gw sempat jalan2 lagi ke Penang, kali ini ditambah Langkawi, bersama 3 orang temen gw, 1 temen dari Semarang dan 2 temen dari Jakarta.

Yah seperti biasa namanya perjalanan, meski udah direncanain sedemikian rupa teteup aja ada hal2 yg tak terduga, tapi hal itu ngga mengurangi hepi2 kita melakukan perjalanan.

Sekedar catatan aja, pergi jalan ama temen emang beda banget ama jalan sendiri, antara laen soal selera, jadi antara kita perlu toleransi tinggi tanpa salah satu ato duanya merasa bete ketika itin ngga berjalan seperti yg kita mau...

So, ini nih catatan perjalanan gw kali ini..

Start perjalanan gw dimulai dari Semarang, kota tercinta, dg acara flight Garuda yg gw bli promo. Sempat diretime dari jam 18.45 menjadi 19.25, udah terburu2 nyampe bandara ternyata flight di delay OPR (entah apaan tuh artinya), dari jam 19.25 mundur2 terus sampe jam 22.00 baru brangkat, akibatnya baru tengah malem gw nyampe di Jakarta. Untung tante temen yg jemput baeeeeekkk banget, belio ama suaminya nungguin kami berdua. Karena delay lama selain dpt snack pas mo naek pesawat kita dpt makan malam. Lumayan neh nasinya bisa buat sarapan hehehehe...

Dan ini rute perjalanan gw :
=> Jakarta - Penang
=> Penang - Langkawi
=> Langkawi - KL, KL - Jakarta

Hari 1  : Jakarta - Penang

Sebenernya waktu pesen tiket setaon yg lalu gw pesen rute Jakarta-Penang utk flight jam 05.30. Karena mungkin kurang peminat, rute tsb dari 2x sehari berubah menjadi 1x sehari, alhasil flight direschedule menjadi jam 16.15. Payahnya naek flight apa pun  kita harus nurut ama setiap perubahan jam yg dilakukan mrk.
Berhubung gw berangkat dari Semarang dan tiket dari Semarang udah dipesen pas ada promo juga dan tidak menggunakan AirAsia, terpaksa kita cuma bisa pasrah aja.

Show must go on. Dengan gonduk terpaksa kami menyetujui perubahan tsb, ketika permohonan reroute dari Jkt-KL, KL-Penang ngga disetujui. Kita udah bete krn nyampe pasti malem. Eh ternyata ujian kita belum berakhir. Selang beberapa bulan sebelum keberangkatan terjadi retime yg ke-2 kali, menjadi pk 16.45. Selang 2 hari sebelum keberangkatan, ada sms masuk, retime yg ke-3 kali menjadi pk 17.45.

Meledaklah gw, gw kirim imel via askAirAsia, ngoceh2 tapi tetep beretika sihhh...yah cuma sekedar melampiaskan kekesalan. Ditelp pun ga menyelesaikan masalah, wong pesawatnya bukan gw yg nyetirin. Endingnya gw blg toh bagaimana pun konsumen yg selalu kalah. Klo kita yg telat mesti beli tiket baru, tp klo flight yg diganti2 kita ga ada kompensasi apa2. Flight bisa diubah, tp masak hotel bisa diubah seenaknya? Gimana jg dg transportasi saya yg laen? Nyampe di Penang pun kami cuma pindah tempat tidur. Tidak ada yg bisa dilakukan pada waktu tengah malam. Mrk yah spt biasa cuma minta maaf, tp tdk menyelesaikan apa2. Ujian masih berlanjut, waktu berangkat ternyata DELAAYYYYYYYYY sodara2 !!!! Kali ini rasa gondok gw udah abis. Mau nyampe jam brp pun gw terima sepanjang kami msh dpt transpotasi di sana. Udah itu aja pikiran gw waktu itu. Akhirnya kita boarding pk 18.30-an. Entah jam brp pesawat take off, gw lupa, yg jelas kita kluar di bandara Penang (Bayan Lepas) sesudah proses imigrasi jam sdh menunjukkan pukul 23.00.

Langsung kami ber-4 menunggu RapidPenang yg akan membawa kami ke Komtar. Bis yg ditunggu2 pun datang, setelah sempat selisih jalan semenit, krn temen gw ada yg ke toilet sebentar. Wah gokil deh di Penang kita beberapa kali ketinggalan bis yg cuma semenit2 sementara nunggunya bermenit2 wkwkwkwk...Pas dtg bis 401E lagi, temen gw kepedean, langsung naek, waktu ditanya drivernya nunjuk2 ke gw yg pegang keuangan. Gw udah siapin uang pas sih...pas ditanya mrk blom bisa nyebutin Komtar (msh lupa). Trus gw blg Komtar. Eh si driver blg klo bis itu menuju ke Balik Pulau. Kita turun dong rame2 n ngakak2 tengah malam. Gw jg baru tau ternyata bis 401E yg lwt di Bayan Lepas pun ada 2 rute ke Jetty ato ke Balik Pulau. Terkatung2 sekian menit akhirnya bis yg ditunggu dtg n gw disuruh naek duluan. Dari rute yg tertulis di depan udah ketauan ke Jetty, tp kita tetep nanya, buat memastikan aja wkwkwk...

Tengok kanan tengok kiri kok gw ga liat Penang Bridge ya? pdhl katanya bis 401E ini lewatin Penang Bridge. Ga tau deh...mungkin gw yg ga ngeh. Setelah sekitar 45menit nyampelah kita di Komtar. Gw langsung ajak temen2 naek bis 103 utk ke Tune Hotel, drpd jalan kaki. Ga mau letoi ceritanya. Di samping gw juga agak2 lupa, takut nyasar. Dari Bayan Lepas ke Komtar bayar 2.7RM, dari Komtar-Tune Hotel byr 1.4RM/org.
Turun di halte, kita lwt resto mie ga bernama tp rame banget, tmn2 gw pada mau makan, soalnya sesorean blom sempat makan di bandara n di pswt. Ngga nyangka klo brangkat malem sih. Ya udah nyamperin ke resto mie tsb sebelum check in. Kelar makan, check in, perut gw mules hihihi...mie nya puedeeeeeeessss. Malam itu pun berkahir dg keteparan kita di tempat tidur. Besok rencana jalan jam 06.00, teori sih hihihihi...




Hari 2 : Penang

Teori boleh dunk bangun jam 06.00, nyatanya kita akhirnya siap jam 08.00 hihihi...
Pagi2 langsung cari makan. Naek free shuttle bus ke Pasar Chowrasta, muter2 bentar dg bingung, masak tau2 udah mau beli oleh2? Tapi ternyata itu keputusan yg salah, krn hari berikutnya pas hari Minggu pasar Chowrasta TUTUP !! Baru tau ada pasar tutup di hari Minggu ! Ya sebenernya ga tutup2 banget sih, tapi jam 07.00 waktu kita jalan pasarnya msh sunyi senyap.

Dari situ muter2 ga jelas dan temen gw ga tertarik makan di sana, nyari cendol jg kayaknya blom buka (sori klo salah info), soalnya ga ketemu, kita akhirnya naek free shuttle bus lagi ke perhentian 14. Langsung di depan mata kedai makan berderet2.

Berhubung kami pemakan segala, jadinya ga masalah makan yg halal n yg haram :D Makan sup kwetiau n minum rosella. Hmmmm yummiiii...Abis kenyang kita mulai jalan ke perhentian 15 (Kampung Kolam). Gw inget taon lalu ke Penang hampir 2 jam gw muter2 ga jelas di sono. Oya, just info aja, klo nanya2 lokasi jgn selalu ke org lokal, soalnya rata2 mrk selalu blg ga tau. Parah neh. Mending ke polisi, bus information, bus driver ato org hotel, pokoknya jgn penduduk deh. Berkali2 kami tanya selalu dijawab ga tau.



Mejeng sejenak di Gereja Anglican (sempat dimarahin ama penjaganya waktu numpang ke toilet hiks...), muter2 ke Sri Mahamariamman Temple, Kapitan Keling Mosque, trus ke sekitar Esplanade, muter ke Clock Tower (tujuannya tadinya mo ke Tourist Center ternyata tutup). Oya lewatin Goddess of Mercy Temple juga,  tapi ternyata tutup entah krn hari Sabtu ato krn skr tertutup. Taun lalu gw ke sono msh terbuka eh kemarin ke sana kok atap nya dan depan klenteng ditutup ama trails/pintu besi.







Dari sekitar Esplanade kita memutuskan pulang, mau istirahat dulu, krn cuaca Penang panasnyaaaa azubilah dehhh...kaga nahan, bisa gosong deh. Jd ceritanya ngadem sesaat ke hotel. Ntar jalan lagi jam 14.30 mau ke Pinang Peranakan Mansion, ceritanya mau yg ada guidenya, menurut jadwal adanya jam 15.30. Nyampe hotel, tidur2an bentar, mandi bla2 akhirnya jalan lagi, tapi ternyata tunggu2 bis nya sempat nyampe Jetty ngeblank n bingung, krn harusnya turun di Little India, kok abis dari Jetty langsung ke perhentian 4, gw agak bingung.



Oya beberapa perhentian kita skip, krn temen gw kurang demen cuma poto2 di depan gedung2 heritage ini. Klo gw mah gw jabanin. Lagian pake bis umum resikonya kelamaan nunggu drpd naeknya. Ya udah, gw mah ok aja, secara dulu gw udah puas poto di sana sini ke gedung2 tsb. Nah pas nyampe perhentian 5 (bank Negara) kita bingung n turun aja. Lha harusnya perhentian 3 kok nyampe 5, wah kebayang gempornya balik ke perhentian 3 yg gw pikir agak jauh.

Puji Tuhan baru jalan bentar, eh tau2 keliatan arah petunjuk ke LITTLE INDIA !! Wow, thx God. Kita pun nanya orang India, eh diksh tunjuk. Biasanya udah hopeless klo nanya org lokal. Jalan bentar, keliatanlah si mansion itu. Ternyata tarifnya naek 100% hikss...dan lagian kita udah kelewatan guidenya. Ya udah tetep masuk aja, setelah byr addmission fee 20RM/org. Eh ngobrol punya obrol pas ditanya dari mana, kita blg dari Indo, eh ternyata pegawe di situ ada yg sodaranya di Bangka n kebetulan salah satu temen jalan org Bangka, kayak nemu sodara di perantauan deh hihihi...lebay.






Muter2 di sono bentaran, kita pun cabut ke Floating Mosque, setelah nanya org di Jetty. Rencana sore itu ke Floating Mosque, Batu Feringghi, Gourney Drive. Ke Floating Mosque ternyata udah hampir jam 18.00. Ternyata nunggu bis dari Floating Mosque ke Batu Feringghi lamaaaa banget, gitu jg dari Batu Feringghi ke Gourney Drive, entah krn emang jarang ato krn udah mulai malam.







Nyampe di Gourney Drive langsung tancap...clingak clinguk, akhirnya milih Kwetiaw Goreng dan Rojak Pasembur. Wenaaaakkk mmmm....Rojaknya udah ngeri aja kirain pedes, ternyata cuma saos doang. Top markotop deh, gw n temen2 demen smua. Sayangnya udah kekenyangan, pengin bawa pulang repot makannya hihihi...Kita akhirnya milih kwetiau goreng pdhl tadinya udah pengin makan di pujasera Kek Lok Si temple atas rekomen sesama penumpang flight Jkt-Penang yg kebetulan sebelahan ama temen gw di pesawat.




Sesudah makan, udah malem, udah lengket, akhirnya pulang deh. Tadinya sempat salah halte, dari kejauhan keliatan bis kita, tapi ternyata ga lwt depan halte hihihi ternyata salah. Nanya ke tukang parkir, kita memang harusnya jalan belok kanan dari gourney drive sementara kita beloknya ke kiri, krn kita sangkain bis yg kita naikin tadi lurus, pdhl ternyata mrk belok kanan. Tunggu punya tunggu bis 104 pun lewat. Naek lah kita. Turun di komtar, pindah naek bis 101 yg dikirain lwt Tune, ternyata cuma nyampe di belokan sebelum Tune. Gpp lah, lumayan udah cape. Siap2 tidur, kita janjian mo jalan besok jam 06.00.

Tidak ada komentar: